Kampus Bisnis Digital dan Teknologi Terbaik di Bali

Mau Bekerja Sebagai IT Support? Kenali dulu Tugas, Jenjang Karir dan Kompetensi Yang Harus Dimiliki

Mau Bekerja Sebagai IT Support? Kenali dulu Tugas, Jenjang Karir dan Kompetensi Yang Harus Dimiliki

Tak bisa dipungkiri kalaulah dunia digital dan teknologi semakin menjadi kebutuhan baik bagi industri, organisasi, pemerintahan bahkan bagi UMKM. Karena itulah karir sebagai IT Support atau Pendukung Teknologi Informasi semakin dicari dan dibutuhkan.

Sebagai siswa atau bahkan mahasiswa yang tertarik di dunia TI, alangkah baiknya kamu mempelajari apa itu Informasi Technologi Support. Mulai dari bidang yang dipelajari hingga tugasnya.

Pengertian dan Tugas IT Support

Informasi Technology Support adalah teknisi pada bidang pekerjaan yang berhubungan dengan komputer, baik softwate maupun pengembangan jaringannya.

Untuk itu, apabila kamu ingin melamar di pekerjaan ini, kamu harus mengetahui soal teknologi informasi, sistem informasi dan segala hal yang berhubungan dengan komputer.

Ada cukup banyak tugas dari seorang teknisi dalam bidang IT ini. Berikut adalah IT Support Job Description yang harus kamu tahu:

  1. Melakukan pengecekan terhadap sebuah komputer, mulai dari OS (sistem operasi) sampai aplikasi,
  2. Memastikan software bisa berjalan dengan baik,
  3. Memastikan hardware seperti komputer, printer, scanner atau piranti pendukung lain bisa berjalan dengan baik,
  4. Menjaga keamanan pada komputer, terhindar dari virus atau bahkan hacker,
  5. Membantu back up data di komputer,
  6. Memastikan sudah terhubung jaringan internet dan tidak ada gangguan.

Pendidikan yang Harus Ditempuh

Untuk menjadi seorang IT support engineer, maka kamu harus punya latar belakang pendidikan yang mumpuni. Di antaranya lulusan IT atau Teknologi Informasi. Bisa jenjang Diploma atau Strata 1.

Namun semua itu tergantung dari perusahaan. Ada juga yang mencari IT support dengan latar belakang pendidikan SMK. Biasanya mereka harus berasal dari jurusan seperti Multimedia, Teknik Komputer Jaringan atau sejenisnya.

Ada juga lho yang tidak memperhatikan pendidikan. Asal mampu menyelesaikan masalah soal IT, bisa bekerja di perusahaan bersangkutan.

Skill yang Harus Dipunya

Ada beberapa skill yang harus dipunya oleh orang yang bekerja sebagai IT support specialist. Di antaranya:

1. Menguasai Hardware dan Software

Skill yang dipunya pertama yakni jelas harus menguasai berbagai jenis piranti. Baik komputer atau laptop. Kemudian beragam sistem operasinya juga harus dikuasai. Mulai dari windows, linux hingga Mac.

2. Mampu Menganalisis

Softskill berikutnya yakni mampu menganalisis dengan baik permasalahan dari sebuah komputer. Karena tugas kamu adalah memberikan solusi untuk masalah tersebut.

3. Kemampuan Komunikasi

Sering kali dilewatkan terkait kemampuan ini. Padahal skill komunikasi antara kamu dan client itu penting lho! Sebab client ini lah yang bertugas menjelaskan permasalahannya.

Jenjang Karier IT Support

Untuk jenjang karier, sebenarnya tergantung dengan perusahaan yang mempekerjakan. Biasanya di beberapa perusahaan dengan IT yang kompleks, punya jenjang karier yang mumpuni.

Setelah menjadi seorang IT support pemula, kamu bisa menjadi seorang System Analyst. Kemudian bisa juga menjadi Network Support Specialist hingga Help Desk Analyst.

Share This

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Pendaftaran Baru..!!
Perlu Bantuan, Hubungi Kami Segera