Kampus Bisnis Digital dan Teknologi Terbaik di Bali

Apa Arti Kata Healing Yang Lagi Trending

Apa Arti Kata Healing Yang Lagi Trending

Kamu pasti sering mendengar kata healing yang belakangan santer terdengar di kalangan anak muda gaul. Penasaran arti kata tersebut? Simak pemarannya berikut ini ya.

Healing menjelma menjadi istilah bahasa gaul yang digunakan di Indonesia. Arti kata healing merujuk pada penyembuhan atau pengobatan. Healing yang biasa digunakan di media sosial memiliki konteks yang beragam, namun pada intinya berkaitan dengan makna aslinya berupa penyembuhan.

Arti kata healing bisa meurjuk pada penyembuhan diri yang disebabkan karena beberapa hal termasuk peristiwa buruk di masa lalu. Arti kata healing juga kerap dikaitkan dengan proses penyembuhan diri yang tujuannya untuk mendapatkan ketenangan batin serta jiwa. Penggunaannya di media sosial kerap diasosiasikan dengan menenangkan diri dengan pergi ke suatu tempat yang disenangi.

Jadi, tidak heran kamu mungkin saja pernah menjumpai postingan di sosial media dengan konsep liburan untuk healing. Arti kata healing dalam bahasa gaul di sosial media memang lebih berkaitan dengan proses penyembuhan luka batin. Hal ini biasanya disebabkan karena seseorang mengalami kelelahan emosi karena persoalan tertentu.

Arti kata healing bisa kamu maknai ketika seseorang merasakan perasaan sedih, emosi, terpuruk, khawatir, cemas, tidak bersemangat. Semua hal tersebut membuat kamu ingin melakukan healing, untuk beristirahat dan menenangkan diri dari masalah-masalah tersebut. Lalu muncul juga istilah self healing yang memiliki arti penyembuhan diri dari luka batin. Luka batin yang dimaksudkan di sini dapat disebabkan karena beberapa faktor baik diri sendiri atau orang lain.

Cara Menerapkan Healing yang Bisa Kamu Lakukan

Berdamai dengan diri sendiri

Salah satu cara menerapkan healing adalah berdamai dengan sendiri. Arti berdamai dengan diri sendiri bisa disebut dengan tidak menyalahkan diri sendiri atas keadaan yang terjadi. Hal ini tentu bisa sedikit memberi ketenangan batin atas peristiwa di masa lalu yang pernah terjadi. Berusaha menjadi pribadi yang baik dari sebelumnya, memperbaiki segala sesuatu yang terjadi, dan fokus pada masa depan bisa jadi cara memulai berdamai dengan diri sendiri.

Pahami perasaan diri sendiri

Di sisi lain orang bisa dengan mudah memahami perasaan orang lain, namun tidak dengan dirinya sendiri. Untuk mulai healing, cobalah untuk memahami perasaan dirimu sendiri. Artinya pahami apa yang sebenarnya kamu inginkan. Jujur pada diri sendiri bisa jadi cara termudah untuk memulai penyembuhan diri.

Lakukan me-time

Terkadang kamu membutuhkan waktu sendiri untuk mendapatkan ketenangan batin. Cara ini juga bisa dilakukan untuk membantumu meredakan rasa cemas, khawatir, sedih, ataupun takut. Lakukan sesuatu yang kamu suka tanpa memikirkan orang lain dan fokus pada diri sendiri. Dengan begitu dapat membantumu mendapatkan perasaan bahagia tanpa khawatir dengan pendapat orang lain.

Terapkan mindfullness

Cara healing berikutnya adalah dengan menerapkan mindfulness. Artinya berpikir dengan penuh kesadaran dalam mengelola perasaan, pikiran dan emosinya. Dengan begitu dapat membantu mereka merespon sesuatu secara lebih bijak dan baik.

Self compassion

Cara menerapkan healing berikutnya adalah dengan self compassion yakni memahami keadaan emosi diri sendiri. Sehingga dapat membantu seseorang berpikir lebih positif, menerima segala sesuatu secara ikhlas dan bisa menghindari kesedihan yang terlalu dalam.

Belajar dari masa lalu

Belajar dari pengalaman masa lalu merupakan salah satu cara menerapkan healing yang sangat penting kamu perhatikan. Setiap orang tentu memiliki masa lalu. Dari masa lalu ini pula kamu bisa belajar menjadi pribadi yang lebih baik. Artinya untuk menerapkan healing berusahalah untuk menempatkan masa lalu pada tempatnya sebagai pembelajaran bukan penyesalan terus menerus.

Jelang akhir tahun dan liburan panjang begini, apa rencana healing kamu?

Share This

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Pendaftaran Baru..!!
Perlu Bantuan, Hubungi Kami Segera