Kampus Bisnis Digital dan Teknologi Terbaik di Bali

Ketahui Tugas dan Prospek Kerja Seorang Digital Marketer

Ketahui Tugas dan Prospek Kerja Seorang Digital Marketer

Bekerja di dunia digital memang menjadi prospek yang tinggi, dan banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan, apalagi perkembangan teknologi yang semakin maju sehingga dibutuhkan skill-skill baru yang sesuai dengan keadaan teknologi saat ini. Jadi tidak heran bila saat ini banyak profesi  di bidang digital yang bermunculan, dan salah satunya adalah sebagai digital marketer. Digital marketing adalah kegiatan memasarkan produk dan layanan untuk menjangkau konsumen lebih banyak melalui digital seperti media sosial (Instagram, Twitter, Facebook, Dll), SEO, email, dan media digital lainnya.

Apa saja tugas Digital Marketing?

Buat kamu yang berencana ingin berkarir sebagai digital marketing, baiknya mengetahui apa saja tugas dan tanggung jawab yang akan dilakukan. Berikut beberapa tugas profesi Digital Marketing:
1. Content Marketing

Salah satu tugas penting sebagai digital marketing adalah menulis konten yang menarik dan berkualitas, untuk memudahkan pelanggan mengerti informasi terkait produk atau jasa yang ditawarkan. Dapat dikatakan, konten adalah hal yang paling penting dalam memasarkan produk di digital. Namun sebaiknya ketika menulis konten, perlu untuk menyesuaikan dengan target pasar dan juga trend saat ini, agar konten yang dibuat memiliki engagement tinggi. Tidak hanya itu saja, untuk menjadi content marketing kamu harus memiliki skill copywriting dan analisis yang baik agar dapat menulis konten yang efektif.

2. Social Media Marketing

Sesuai namanya yaitu Social Media Marketing, dapat disimpulkan bila tugas sehari-harinya adalah membangun “brand awareness” produk atau jasa di platform social media, seperti Facebook, Instagram, Twitter, Tiktok dan lainnya yang bertujuan untuk menjangkau target pasar yang lebih luas. Tentunya kamu harus menciptakan konten social media yang menarik, unik dan juga tepat dengan cara membuat design eye-catching dan juga ide konten yang mengikuti trend.

3. Search Engine Optimization (SEO)

Apakah kamu pernah mendengar SEO, sebelumnya? Jadi salah satu tugas Digital Marketing adalah membangun brand awareness di media blog, dengan menulis konten blog dan mengoptimasi performa website. Namun tentunya ada beberapa langkah penting yang harus dilakukan sebelum menulis konten, yaitu melakukan research terhadap kata kunci pencarian di mesin pencarian. Kamu bisa mencari kata kunci dengan search volume yang tinggi dan relevan terhadap produk atau jasa.

4. Online Advertising

Selanjutnya adalah profesi Online Advertising yang memiliki tugas mengiklankan produk atau jasa secara online seperti google ads, facebook ads, instagram ads, tiktok ads dan lainnya. Bila kamu sering melihat iklan display banner di website, misalnya banner iklan di website surat kabar online, maka hal ini disebut  dengan Google Display Networ yang merupakan bagian dari Google Ads.

Tujuan dari display sendiri adalah untuk menarik perhatian audiens dengan konten yang menarik sehingga mereka tertarik dan lebih penasaran tentang brand bisnis.

Nah itu beberapa tugas bila ingin menjadi Digital Marketer yang perlu kamu ketahui. Bila kamu tertarik untuk berkarir didunia digital, menjadi Digital Marketer adalah salah satu pilihan yang tepat, lho! Apalagi peluang yang sangat tinggi, sehingga kesempatan kamu tentunya juga tinggi.

Bila kamu tertarik untuk menjadi seorang Digital Marketer, dapat belajar terlebih dahulu skill yang dibutuhkan di DI Academy. Disini kamu dapat memilih program studi yang sesuai dengan kebutuhanmu seperti Short Course Program dan Program Studi 1 Tahun. Daftar sekarang juga dengan klik link disini.

Share This

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Pendaftaran Baru..!!
Perlu Bantuan, Hubungi Kami Segera