Kampus Bisnis Digital dan Teknologi Terbaik di Bali

Mari Cerdas Bermedia Sosial!

Mari Cerdas Bermedia Sosial!

Perkembangan zaman yang semakin maju membuat banyak hal yang berubah dan salah satunya adalah bersosialisasi. Pastinya kamu juga tahu, kalau bersosialisasi zaman sekarang sangat mudah dilakukan karena adanya digital yang menghubungkan satu orang dengan lainnya tanpa harus bertemu, dimana mereka dapat saling berkomunikasi bahkan saling bertatap muka. 

Nah, komunikasi secara digital ini tentunya dapat dilakukan dengan bantuan platform digital media sosial yang saat ini banyak dikenal dengan Instagram, TikTok, Facebook dan masih banyak lagi. Disini kita bisa kirim dan membagikan kegiatan kita dengan banyak orang, jadi mereka juga dapat secara transparan melihat kiriman di akun media sosialmu. Tidak hanya itu saja, media sosial juga bisa kamu manfaatkan untuk mendatangkan penghasilan, lho. Misalnya saja, sebagai tempat untuk kamu berjualan, influencer media sosial, dan masih banyak lagi. Namun perlu untuk kamu ketahui bahwa media sosial juga dapat berdampak buruk bagi penggunanya bila tidak digunakan dengan bijak dan cerdas.

Jadi, kita sebagai pengguna media sosial media haruslah lebih bijak dalam memilah informasi-informasi akurat ataupun hoax. Apalagi bila kamu ingin menyebarkan informasi tersebut, akan lebih baik bila kamu cari tahu kepastian dari informasinya, karena bila salah menerka, hal ini akan merugikan kamu atau pihak tertentu.

Lalu bagaimana cara untuk bisa cerdas dan bijak menggunakan media sosial? Nah, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan dan perlu diketahui saat menggunakan media sosial, seperti:

  1. Bijak dalam membagikan postingan

Bila kamu sedang akan membagikan sesuatu di media sosialmu, sebaiknya lebih berhati-hati dan memikirkan kembali apalah unggahan tersebut akan merugikan kamu atau pihak lain, karena bila kamu sudah memutuskan untuk mengunggahnya, akan ada banyak orang yang melihat unggahan tersebut dan akan menjadi berbahaya bila kamu mengunggah sembarangan konten. Maka dari itu, penting untuk memikirkan terlebih dahulu sebelum memposting sesuatu, sebelum kamu terdampak masalah.

  1. Untuk tidak menyebarluaskan informasi hoax

Langkah yang paling penting ketika ingin menjadi cerdas bermedia sosial adalah tidak mudah untuk menyebarkan informasi hoax atau isu SARA. Nah, sebelum kamu percaya pada suatu informasi, sebaiknya cari tahu kebenarannya atau bila kamu tidak yakin terhadap informasi tersebut, sebaiknya untuk tidak menyebarkannya terlebih dahulu. 

  1. Menjaga etika berbahasa di media sosial

Meskipun kamu menggunakan akun media sosial pribadi, bukan berarti kamu bisa dengan bebas menggunakan bahasa yang sembarangan, lho. Apalagi saat ini sudah ada pasal undang-undang yang mengawasi penggunaan media sosial, dan bila salah ambil langkah, bukan tidak mungkin kamu akan dituntut menurut pasal undang-undang yang berlaku. Jadi, tetaplah untuk menjaga kesantunan ketika berkomunikasi di media sosial dan jangan sampai menyinggung atau membully pengguna lainnya.

  1. Membangun koneksi yang positif

Apakah kamu tahu, media sosial adalah salah satu cara yang sangat efektif bila ingin membangun koneksi. Hal ini karena ruang lingkup media sosial yang sangat luas, dimana kamu bisa menjangkau banyak orang dari seluruh dunia dengan mudah dan juga cepat. Jadi, bila kamu bisa memanfaatkannya dengan baik, bukan tidak mungkin kamu bisa membangun relasi dengan luas.

Nah itu dia hal yang perlu kamu ketahui bila ingin cerdas bermedia sosial! Media sosial memang sangat menyenangkan digunakan, dan kamu bisa bertemu orang-orang baru dari penjuru dunia. Akan tetapi perlu untuk diingat, media sosial juga bisa berdampak buruk bila kamu tidak bijak menggunakannya!

Share This

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Pendaftaran Baru..!!
Perlu Bantuan, Hubungi Kami Segera